Life Skill


Pengampu : Ust Ridho N.S
Segala puji bagi Allah atas segala kenikmatan , sholawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan nabi besar penutup para nabi dan rosul beliau adalah Muhammad bin Abdullah serta para sanak keluarga dan para sahabat yang senantiasa mengiringi beliau dari awal masa kenabian sampai beliau wafat.
Para pembaca yang budiman di sini kami ingin mengenalkan apa yang dimaksud dengan life skill dalam program ekstra kurikuler Pondok Pesantren Islam Darur Robbani Gentan Susukan Semarang. 
Life skill tersusun dari dua kata yaitu life dan skill adapun life artinya kehidupan sedangkan skill adalah keahlian. Jadi life skill adalah keahlian dalam bekal kehidupan.
Lalu,, apa hubungannya dengan pondok pesantren ? yang notabene  mengajarkan tentang ilmu akhirat, seperti zuhud, surga, neraka, qona’ah, birrul walidain (berbakti kepada orang tua), dunia yang fana dan lain sebagainya. Seakan tidak pernah menyentuh tentang ilmu dunia sama sekali.
Itulah imeg pondok di mata masyarakat saat ini, mereka menganggap bahwa pondok pesantren adalah lembaga yang sama sekali tidak di ajarkan didalamnya ilmu tentang dunia, tapi tidak bisa kita pungkiri memang demikianlah realita yang ada di pondok- pondok di sekitar kita, kebanyakan didalamnya banyak ilmu tentang akhirat.
Tapi itu bukan pada ponpes kami (insya Allah ‘kayak lagunya maher zain aja’), kami akan membuktikan atas  polemic yang marak di masyarakat secara umum,  kata mereka yang namanya lulusan pondok itu tidak bisa apa apa, bisanya Cuman mencari kehidupan lewat amplop-amplop yang biasa di berikan oleh takmir masjid setelah mengisi pengajian keagamaan. Mereka hidup tertutup dan tidak bermasyarakat. Kesawah..?? OGAH.. berdagang …??? GENGSI… Kerja bakti ….?? MALAH PERGI.
Demikianlah tanggapan mereka terhadap pondok pesantren, maka,, berangkat dari polemic yang ada, kami akan mencoba mengubah paradigma masyarakat terhadap profil pondok, dan kami juga akan membuktikan bahwa apa yang mereka katakan tidak sesuai dengan kondisi yang kita alami disini. Dengan adanya program life skill, ponpes DARUR ROBBANI menjadikan program ini sebagai program unggulan dengan mengajarkan ilmu tentang bagaimana cara untuk mandiri dengan diadakannya program pertanian atau bercocok tanam, tata boga, tata busana, dan TTG. Dengan harapan para santriwan dan santriwati kita tidak menjadi sampah kota akan tetapi menjadi orang yang berguna bagi seluruh kalangan masyarakat.
Oleh Karena itu atas nama Allah ta’ala kami memohon agar di berikan keistiqomahan  dalam menjalankan program ini, mudah mudahan program ini dapat memberikan manfaat bagi anak didik kami dan menjadikan mereka mandiri kelak setelah lulus dari sini. Amin ..

0 Response to "Life Skill"

Posting Komentar

PPI Darur Robbani