Kepustakaan


Pengampu : El Qoidi arif
Segala puji senantiasa kita ucapkan kehadirat Allah ta’ala yang telah banyak sekali memberikan nikmat kepada kita, sehinga pada saat ini kita masih bisa menghembuskan nafas dengan lega dan menikmati kehidupan dunia.
Sholawat dan salam semoga senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad sallahu alaihi wasallam keluarga, sahabat, dan orang orang yang senantiasa mengikuti beliau hingga hari akhir nanti.
Para pembaca yang dirahmati Allah ta’ala, program kepustakaan adalah termasuk program yang urgen dalam Pondok Pesantren Islam Darur Robbani, mengingat pondok adalah wahana untuk menuntut ilmu, dan pastinya ilmu akan di dapat dari kitab kitab para ulama’ baik yang klasik maupun yang kontemporer, maka, program kepustakaan ini menjadi  bagian penting dalam pondok kami di sini,
(Ponpes kami) bukan hanya menyediakan kitab yang tertata rapi dalam sebuah lemari saja. Akan tetapi dalam program ini kami menyediakan kitab yang ada untuk dijadikan mereka rujukan dalam mencari sebuah masalah yang akan dipresentasikan dalam kegiatan kepustakaan setiap hari selasa sore dan kemudian di amalkan dalam keseharian kami.
Segala puji bagi Allah ta’ala, dengan izinNYa
setelah berjalannya program kepustakaan selama kurang lebih 2 bulan terakhir ini, para santri sudah mulai mempresentasikan hasil karya mereka untuk disampaikan kepada seluruh santri, seperti yang telah terealisasikan adalah melakukan sholat Id di hari jum’at, apakah perlu untuk mengikuti sholat jumat lagi ataukan cukup dengan sholat Id ??. Alhamdulillah dengan adanya presentasi seperti ini para santri mampu untuk mengamalkan apa yang telah di presentasikan oleh rekan nya. Dengan itu, mereka memiliki bekal ataupun landasan dalam beramal. Karena kita khawatirkan, kadang mereka hanya mengekor kepada peraturan dari ma’had dalam berbagai perintah yang bersifat syar’I tanpa adanya keterangan detail maupun motivasi yang menjadikan mereka semangat dalam melaksanakan perintah tersebut.
Adapun latar belakang dari Program presentasi maktabiah adalah sebagai penunjang peraturan syar’I yang selain telah ditetapkan oleh syariat dan di tetapkan ma’had. Karena kadang kita lihat para santriwan santriwati masih mengangap hal yang syar’I yang di tetapkan oleh ma’had adalah perkara yang mubah padahal itu adalah untuk memperkuat apa yang telah di tetapkan oleh syariat. Dengan itu semua di harapkan para santiwan santriwati dapat melaksanakan peraturan yang bersifat syar’I dengan kebesaran jiwa dan ketaqwaan kepada Allah ta’ala.
Program ini kami gulirkan kepada kelas kibar yaitu kelas I KMI, II KMI. Dan III KMI, sedangkan kelas sighor masih kami godok untuk bisa menyesuaikan diri di dalam ma’had, program ini kami mulai kelas III kebawah, untuk kelas III kami berikan tugas kepada mereka untuk membuat materi yang mereka sampaikan adalah materi yang mereka jadikan bahs (termasuk dalam kegiatan panam) dalam bahasa arab mereka menjadi bahasa Indonesia. Ini juga mampu untuk membantu mereka dalam pelaksanaan program kelas enam yaitu menyelesaikan bahs arab dan memberikan gambaran kepada mereka tentang apa sajakah yang akan mereka bahas dalam pembahasan bahs arab mereka.
Kita akui jika tidak demikian. apa yang menjadi bahs kelas enam (III KMI) akan menjadi sebuah pajangan karya tulisan tangan arab mereka untuk di jadikan hiasan di lemari perpustakaan, tanpa mengetahui essensi yang mereka tulis. Oleh karena itu pentingnya program ini sangat membantu dalam banyak program lain di dalam pondok.
Dan mudah mudahan kami dan cru yang menjalankan program ini di berikan keistiqomahan dalam menjalankan nya dan kami juga meminta doa bagi ikhwan akhwat fillah untuk menyempatkan waktu mustajab antum sekalian untuk

0 Response to "Kepustakaan"

Posting Komentar

PPI Darur Robbani